Patah Hati Ketika Ditinggal Menikah – Begini Cara Mengatasinya

Putus cinta atau patah hati memang hal yang menyesakkan dada. Terlebih ketika orang yang dicintai menikah dengan orang lain. Rasanya dunia dan segala isinya mau runtuh saja.

Tak heran, beberapa orang yang ditinggal nikah merasa sakit hati sekali. Bahkan, ada juga yang sedih berkepanjangan dan depresi berat.

Jika Anda sekarang sedang patah hati karena ditinggal nikah, mulailah menata diri dan yakinlah masih ada jalan keluar terbaik. Untuk membantu Anda, berikut ini cara mengatasi patah hati ditinggal nikah oleh orang yang Anda sangat cintai.

1. Jangan Menyalahkan Diri
Cara berikutnya adalah jangan menyalahkan diri Anda. Semakin menyalahkan diri, semakin tertekanlah Anda. Dengan kata lain, sudah ditinggal nikah, psikologis Anda semakin berat karena menyalahkan diri sendiri.

Agar tidak menyalahkan diri sendiri, tanamkan dalam pikiran bahwa kejadian tersebut adalah takdir Tuhan yang tidak bisa Anda lawan. Sekaligus belajar ikhlas dan ambil hikmah bahwa Tuhan berkehendak lain dalam hidup Anda.

2. Jangan Stalking Agar Tidak Terus Patah Hati
Jangan pernah lagi membuka media sosial mantan yang sudah menikah. Ini akan membuat Anda menjadi semakin sakit hati melihat fotonya bersama pasangan barunya.

Oleh sebab itu, kendalikan diri Anda ketika membuka media sosial. Misalnya, Anda hanya melihat foto-foto saudara di Instagram. Bila Anda masih mau lihat media sosial mantan, lebih baik Anda puasa sosial media saja. Atau jika perlu, nonaktifkan saja sosial media yang Anda miliki sementara waktu agar keinginan melihat mantan bisa diminimalkan.

3. Jangan Hidup di Masa Lalu
Tidak terlalu banyak mengingat kejadian masa lalu atau kenangan bersamanya adalah mengatasi patah hati ditinggal nikah yang perlu dilakukan. Kenapa? Karena yang lalu biarlah berlalu. Tidak bisa Anda kembalikan lagi ke hari ini.

Untuk itu, alihkan pikiran Anda dari masa lalu dan fokus pada masa kini serta masa depan. Syukuri apa yang Anda miliki sekarang mulai dari kesehatan, keluarga hingga teman.

Tak hanya itu, rencanakan masa depan yang lebih baik tanpanya. Fokus untuk kebaikan diri sendiri sehingga semangat hidup Anda kembali.

4. Berterima Kasih
Daripada menyerah terhadap apa yang terjadi, berterima kasih pada diri sendiri karena sudah berjuang sejauh ini adalah hal yang dapat membantu Anda bangkit. Berterima kasih pada diri sendiri secara psikologi akan membuat Anda bahagia dan kuat.

Misalnya, Anda dapat mencoba untuk menulis surat pada Anda yang sekarang dan Anda di masa depan, baik setahun, 3 atau 5 tahun lagi. Katakan pada diri Anda bahwa dia telah melakukan hal terbaik saat ini dan akan berguna di masa depan nanti.

5. Dekati Sang Pemilik Cinta
Kehilangan cinta memang menyakitkan. Oleh sebab itu untuk mendapatkan cinta kembali, yang mungkin lebih baik, Anda perlu mendekati Tuhan, Sang Pemilik Cinta. Beribadah merupakan salah satu obat penyembuh dari sekian banyak usaha yang sudah dilakukan.

Dengan beribadah dengan rajin dan khusyuk, hati yang bergejolak akan menjadi tenang. Selain itu pikiran juga akan menjadi jernih, sehingga Anda bisa menentukan langkah selanjutnya dan tidak hidup dalam keterpurukan.

Karena itu, jika Anda muslim, rajinlah sholat 5 waktu. Lengkapi dengan berdoa agar Anda diberi kekuatan untuk mengatasi patah hati tersebut. Tak hanya itu, perbanyak pula membaca al-quran agar hati Anda jadi lebih tenang.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi patah hati ditinggal nikah oleh mantan. Hal lain yang dapat dilakukan adalah jangan terlalu tergesa-gesa untuk mencari cinta yang baru.

Nikmati dulu kesendirian dan terima diri sendiri dengan baik dan ikhlas. Kebahagiaan hakiki akan datang jika Anda juga sudah berbahagia dengan diri sendiri. Sekian dari saya semoga bermanfaat untuk anda semuanya.